Beranda | Artikel
Seri Nasihat Ringkas – 2
Selasa, 13 Desember 2016

Bismillah.

Alhamdulillah, betapa besar nikmat yang Allah berikan kepada kita. Diantaranya adalah nikmat berupa kesehatan dan waktu luang. Sehingga dengan nikmat-nikmat itu kita akan bisa melaksanakan ibadah dan ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala.Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dua buah nikmat yang kebanyakan orang tertipu dan merugi karenanya; yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Bukhari)

Begitu berharganya waktu itu, sehingga Allah pun bersumpah dengan-Nya. Allah berfirman (yang artinya), “Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, beramal salih, saling menasihati dalam kebenaran, dan saling menasihati untuk menetapi kesabaran.” (al-‘Ashr : 1-3)

Karena itulah, mari kita gunakan nikmat-nikmat ini untuk tunduk dan mengagungkan Allah. Karena nikmat yang tidak semakin membuat kita taat kepada Allah pada hakikatnya adalah sumber malapetaka. Abu Hazim rahimahullah berkata, “Setiap nikmat yang tidak semakin membuat menjadi lebih dekat kepada Allah, maka itu adalah bencana.”

Demikian, semoga nasihat yang ringkas ini bermanfaat.

Redaksi Website Ma’had al-Mubarok

www.al-mubarok.com


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/seri-nasihat-ringkas-2/